Rumus Fotosintesis

Fotosintesis memerlukan cahaya matahari dan kloroplas

Biologi - Karakteristik pada tumbuhan yang membedakannya dari binatang adalah kemampuan untuk mensintesis makanan sendiri atau autotrof. Dalam hal ini, proses yang terjadi disebut fotosintesis. Fotosintesis adalah proses konversi energi cahaya (diperoleh dari sinar matahari) menjadi energi kimia (gula) oleh tumbuhan hijau. Begitu juga dengan Respirasi yang sangat penting untuk mengolah partikel makanan, hasilnya berupa nutrisi yang bisa disimpan atau digunakan untuk pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Siklus ini terus berlanjut sepanjang siklus hidup tumbuhan.

Kemampuan tumbuhan untuk menghasilkan makanan sendiri karena tumbuhan mempunyai klorofil dan kloroplas yang terdapat pada daun. Yang pertama adalah pigmen hijau, sedangkan yang kedua mengacu pada plastida yang mengandung klorofil dan pigmen lain yang bermanfaat. Lebih tepatnya, fotosintesis dilakukan dalam kloroplas dengan bantuan pigmen klorofil. Meskipun kita semua kenal dengan tumbuhan sejak zaman dahulu, banyak dari kita masih belum tahu persamaan untuk fotosintesis dan respirasi.

Persamaan Fotosintesis 


Persamaan fotosintesis pada dasarnya adalah representasi kimia fotosintesis dalam bentuk reaksi yang berlangsung di kloroplas. Jika Anda memiliki ide singkat tentang bahan baku yang diperlukan dan produk-produk yang dihasilkan dari proses fotosintesis, anda dapat dengan mudah memahami persamaan kimia untuk fotosintesis. Oleh karena itu, mari kita coba untuk memahami apa yang terjadi pada saat proses fotosintesis berlangsung terlebih dahulu.
Baca kelanjutannya »

Post a Comment

Previous Post Next Post