Membuat Efek Api Keren Di Termux


Mempercantik tampilan termux dengan efek api. Efek api disini yang saya maksudkan bukan api yang ada di dunia nyata namun hanya sebuah program yang digunakan untuk mengvisualisasikan sebagai objek api. Disini menggunakan libcaca sebagai programnya.

Apa itu libcaca?

libcaca adalah sebuah graphic library yang mengubah gambar menjadi text ASCII berwarna. Libcaca dapat bekerja di terminal dan pada sistem UNIX termasuk Mac OS X menggunakan S-Lang atau library ncurses.

Banyak yang belum mengenal libcaca. Karena sekarang mah banyak yang fokus sama tool yang berbau facebook sama spam sms doang. Banyak yang belum mencari lebih dalam tentang banyaknya tool yang bertebaran di internet.

libcaca ini sebenarnya program yang sudah lama. Program cacafire kalo ga salah sudah diciptakan 10 tahun yang lalu. Kok tau? Karena saya orang nya sok tau gan hehehe.

Oh ya bagaiamana cara membuat efek api di termux? caranya gampang banget gan ga sampe 5 menit udah selesai. Caranya kalian ketik ini

$ apt install libcaca
Jika sudah terinstall libcaca. Tinggal ngejalanin cacafire gan. Oh ya sebelum itu kalian klik iklan dolo. Ok setelah itu kalian ketik
$ cacafire
Nah selesai kan. Gapake ribet gan. Oh ya sebenarnya anak dari libcaca banyak gan yang saya tau hanya cacafire. Kalo yang lain saya belum tau. Soalnya saya belum nyoba semua tool dari libcaca. Jika kalian ingin mencoba yang lain kalian bisa masuk ke link ini


Disitu tertera banyak tool. Kalian bisa mencoba satu persatu. Yang sudah saya coba cuma cacafirenya saja. Cara ngejalaninnya gampang banget. Contoh diweb itu kan ada tulisan cacaclock.c nah itu kalian ketik di termux
$ cacaclock
Kurang lebih seperti itu. Namun jika ada eror atau yang lain kalian bisa diskusikan dikolom komentar.


Sekian artikel kali ini. Semoga bermanfaat bagi kalian. Jika ada yang mau request tutorial silahkan komentar di kolom komentar dibawah. Terima kasih!

Post a Comment

Previous Post Next Post